Finger Painting Kids bersama KB-TK Al-irsyad 01 Cilacap

faizafamily.com – Pengertian Finger Painting adalah sejenis cat yang dimaksudkan untuk diaplikasikan dengan jari. Biasa lebih dikenal dengan menggambar menggunakan jari dengan media cat air. Teknik menggambar ini biasanya digunakan oleh anak-anak kecil, meskipun kadang-kadang digunakan juga oleh orang dewasa baik untuk mengajar seni kepada anak-anak, atau untuk penggunaan mereka sendiri. (sourche : wiki )

Selama 3 hari ( 28 – 30 oktober 2019 ) KB dan TK Islam Al-Irsyad 01 Cilacap mengadakan perlombaan Finger Painting Kids. Kegiatan ini diselenggarakan sesuai dengan rencana kegiatan tahun ajaran 2019 “Marketing Day”.  Fingger painting memang lebih sering digunakan sebagai kegiatan rekreasi atau pengembangan kreatifitas anak paud maupun taman kanak-kanak (TK).  Finger Painting sederhana untuk anak TK biasanya menggunakan tema seperti Binatang, Rekreasi, Lingkungan, Pemandangan yang memang mudah dipahami dan di gambarkan oleh anak – anak.

 

Contoh Gambar Finger Painting

Finger Painting Kids bersama KB-TK Al-irsyad 01 Cilacap

Perlombaan ini dilaksanakan di pintu masuk Rita Pasaraya Cilacap. Mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 11.00 WIB. Seluruh anak TK dan Paud berkumpul dengan semangat untuk mengikuti lomba yang diadakan oleh Al-Irsyad bekerjasama dengan Rita tersebut, Jenis perwarna dan perlengkapan untuk melaksanakan kegiatan kali ini sudah di persiapkan terlebih dahulu oleh pihak Swalayan.  Anak – anak hanya perlu Fokus untuk menggambar dengan teknik nya masing masing.

Perlengkapan yang perlu disediakan

  1. Sediakan kertas karton untuk melukis
  2. Beberapa mangkok yang berisi kanji yang sudah diberi berbagai macam warna
  3. Sedia air untuk mencuci tangan
  4. Sediakan handuk dan lap untuk melap tangan setelah melakukan kegiatan finger painting.

Manfaat Finger Painting

  • Melatih motorik halus pada anak dengan melibatkan gerak otot-otot kecil dan kematangan syaraf.
  • Mengenal konsep warna primer (merah, kuning, biru). Karena dari warna-warna yang terang kita juga dapat mengetahui kondisi emosi anak,
  • Memberikan Kegembiraan dan kondisi-kondisi tertentu bagi emosi mereka.
  • Mengenalkan konsep pencampuran warna primer, sehingga menjadi warna yang sekunder dan tersier.
  • Mengendalkan estetika keindahan warna.
  • Melatih imajinasi dan kreatifitas anak.

Harga Cat air untuk Finger Painting tersedia berbagai pilihan. Untuk menemukannya pun tidak susah, karena di pertokoan perlengkapan tulis bahkan di toko mainan anak menyediakan perlengkapan tersebut. sebagai pembanding FaizaFamily kemarin sempat berkeliling untuk mencari cat air dan mendapat harga di kisaran 20rb ( Dua Puluh Ribu Rupiah) sampai Rp.100.000 ( Seratus Ribu Rupiah) tergantung merk dan kecerahan ataupun ukuran dari cat yang diinginkan.

Namun terkadang kita sebagai orang tua akan merasa takut dan was – was. Bagaimana bila pewarna-pewarna yang ada dalam cat air itu ditelan anak-anak. Solusinya adalah dengan cara membuat cat sendiri.

Cara Membuat Finger Paint (cat untuk Finger Painting) :

Alat dan Bahan :

  1. Wajan atau Panci guna untuk memasak
  2. 1/2 (setengah) cup tepung maizena
  3. Pewarna untuk makanan
  4. 3 (Tiga)sendok makan gula
  5. 1/2 (setengah) sendok teh garam
  6. 2 cup air dingin
  7. Peralatan untuk mengaduk
  8. Mangkok ataupun Tempat kecil untuk penyimpanan cat, seperti cup es krim dengan tutupnya

Cara Pembuatan

  • Campur Tepung maizena, air, gula dan garam di dalam wajan atau panci antilengket berukuran sedang lalu Masak di atas api kecil selama 10-15 menit.
  • Terus aduk adonan hingga lembut dan mengental. Mungkin awalnya adonan tidak akan kental, tapi bersabarlah. Cat akan mulai mengental di saat-saat terakhir. Ingat Jangan sampai hangus dan Jangan tambah lagi bahan lain bila sudah masuk tahap ini.
  • Bila sudah sepenuhnya mengental, angkat wajan dari kompor dan biarkan adonan mendingin.
  • Tempatkan calon cat ke wadah-wadah kecil yang sudah Anda siapkan. Jumlah wadah bergantung pada berapa banyak warna yang anda inginkan. Bila Anda tak punya banyak wadah kecil, Anda bisa tempatkan dalam satu tempat besar, lalu masukkan dalam cetakan es batu, dan warnai, sesaat sebelum digunakan.
  • Beri beberapa tetes pewarna makanan. Anda bisa membeli pewarna makanan untuk rainbow cake. Bila menggunakan cetakan es batu, cukup satu tetes di tiap kotak. Cobalah mencampur warna. Contoh, biru dan merah bisa menghasilkan warna ungu. Aduk warna ke adonan cat untuk memastikan tingkat kekuatan warna.
  • Cat sudah jadi dan aman untuk digunakan
  • Boleh ditambah glitter bila diinginkan lalu aduk hingga rata. (Khusus Penambahan glitter hanya bisa dilakukan bila Anda memastikan anak-anak yang terlibat dalam aktivitas ini memiliki pemahaman tidak memakan cat karena berbahaya. Bila tidak, sebaiknya jangan beri) glitter.

Demikianlah sekelumit Finger Painting Kids bersama KB-TK Al-irsyad 01 Cilacap yang bisa kami ceritakan. Pengalaman seru dan menarik untuk anak TK. dan mungkin bisa juga diterapkan ditempat anda semua.

 

Tinggalkan komentar

Show Buttons
Hide Buttons